Tuesday, March 9, 2010

RoboT Burung KeciL yang HebaT Written by puguh on Dec 29th, 2009 | Filed under: Technology

Kreatifitas ilmuwan asal Jepang memang tidak ada matinya. Beragam robot unik kerap kali mereka ciptakan, yang terbaru adalah robot mungil berbentuk burung kolibri. Meski berbentuk mini, namun sang pembuatnya yaitu Hiroshi Liu menggantungkan harapan yang luar biasa besar terhadap benda ciptaannya tersebut. Yaitu, sebagai juru selamat bagi korban yang terperangkap di reruntuhan gedung. robot mungil ini didesain sesuai bentuk burung kolibri aslinya. Sehingga dengan berat 2,9 gram, ia mampu bermanuver di udara dengan cukup lincah.

“Ada motor mikro dan sensor infrared sebagai penggerak robot kolibri ini. Sementara empat sayap yang dimilikinya mampu bergerak hingga 30 kali per detik,” ujar Liu, yang merupakan peneliti dari Universitas Chiba, yang berlokasi di timur Tokyo itu.

Liu pun sudah punya ancang-ancang untuk menambahkan kamera mikro dan kemampuan terbang ala helikopter yang bisa bertahan pada satu titik di udara dalam jangka waktu lama di robot besutannya tersebut.

Jadi diharapkan, hal itu dapat membantu robot berbiaya US$ 2,1 juta ini untuk lebih bebas bermanuver. Sebab, selain digadang-gadang sebagai tim penyelamat, robot ini juga dinilai bisa dimanfaatkan untuk mengejar pelaku kriminal, atau bahkan menjalankan misi di planet mars.

No comments:

Post a Comment